Konfigurasi Etherchannel PAGP




Assalamu'alaikum Wr.Wb

Bertemu lagi dengan ane Rizky Gan
Salam sejahtera untuk kita semua.Postingan ane kali ini ngebahas tentang cara Konfigurasi Etherchannel PAGP.
Jika sebelumnya saya mensharing tentang Konfigurasi Etherchannel LACP Tapi postingan kali ini tidak jauh berbeda yaitu tentang cara konfigurasi Etherchannel PAGP. Bagaimana sih cara konfigurasi Etherchannel PAGP ? Dan apa perbedaan Etherchannel LACP dengan Etherchannel PAGP. Berikut penjelasannya.


PAGP ini adalah propietary cisco (Standar Cisco). Karena kita menggunakan tipe PAGP, pastinya konfigurasinya berbeda walaupun tidak terlalu jauh berbeda. Jika pada tipe LACP menggunakan mode Active maka pada tipe PAGP kita akan menggunakan mode Desirable. Dan juga tidak semua switch bisa menggunakan mode PAGP ini, hanya beberapa saja.

Langsung saja ke topologinya:


1. Pertama, kita konfigurasikan interface yang ingin dijadikan etherchannel dan jadikan mode desirable pada kedua switch diatas.



2. Selanjutnya kita jadikan mode menjadi trunk pada interface channel group 1 yang sudah dibuat           dari interface fa0/1-3 tadi pada kedua switch.



3. Tidak jauh berbeda dengan LACP, PAGP juga memiliki fungsi yang sama sebagai etherchannel.Untuk verifikasi etherchannel bisa menggunakan command berikut.


4. Selesai, dan semua link akan berwarna hijau seperti gambar dibawah ini.


Oke selesai.begitulah cara untuk Konfigurasi Etherchannel PAGP.
Semoga Bermanfaat.Terima Kasih.



No comments:

Powered by Blogger.