Memisah Bandwidth Lokal (IIX) dan Internasional (INTL)





Assalamu'alaikum,

Balik lagi di blog ini, kalo sebelumnya kita mengatur bandwidth download dan upload untuk client menggunakan queue tree, sekarang kita akan melakukan pemisahan bandwidth lokal dan internasional, ini berfungsi agar traffic di jaringan tidak saling mengganggu antara client yang mengakses website lokal dan website yang servernya di luar negeri atau internasional.
Langsung aja kita labkan.

1. Pertama download file nice.rsc kemudian import file tersebut.


2. Sekarang kita konfigurasi mangle untuk memisahkan bandwidthnya, masuk ke menu ip>firewall>mangle>add, masukkan chain forward.


3. Pindah ke tab advanced, dibagian dst.address list isikan nice.


4. Di tab action pilih action mark packet, berinama IIX-lokal, passthrough no.


5. Selanjutnya kita buat untuk yang internasionalnya, masukkan chain forward.


6. Action pilih mark packet kemudian berinama INTL-internasional.


7. Di tab action isikan dst.address list nice kemudian klik kotak kecil disampingnya sampai muncul tanda !, yang artinya selain.


8. Hasil dari kedua rule tersebut.


9. Sekarang kita atur limitasi bandwidth untuk traffic lokal dan traffic internasional, berinama IIX-lokal dan target ip address client. Disini saya akan melimit traffic lokal dengan upload sebesar 512k dan download sebesar 1M.


10. Pindah ke tab advanced isi IIX-lokal di bagian packet marks.


11. Selanjutnya buat juga limitasi untuk traffic internasionalnya, berikan nama INTL-internasional masukkan target ip address client, limitan untuk traffic internasionalnya saya samakan dengan traffic lokal yaitu upload 512k dan download 1M.


12. Di bagian packet marks isikn INTL-internasional.


13. Pengujiannya lakukan speedtest di browser, pertama kita tes untuk server lokalnya, lihat kecepatan download tidak lebih dari 1M dan upload tidak lebih dari 512k atau 0,5M.



14. Kemudian tes juga untuk server internasionalnya, jika limitan sesuai dengan yang kita setting tadi artinya lab berhasil.



nah, itu dia tadi bagaimana cara memisahkan bandwidth lokal (IIX) dan bandwidth internasional (INTL), mohon maaf jika masih banyak kesalahan dalam penulisan atau penjelasan, semoga bermanfaat untuk pembaca, terima kasih.

Assalamu'alaikum,

2 comments:

Powered by Blogger.