Konfigurasi MAIL Server Debian 7.5




Assalamu'alaikum Wr.Wb


Bertemu lagi dengan ane Rizky Gan
Salam sejahtera untuk kita semua.Postingan ane kali ini ngebahas tentang cara konfigurasi Squirrelmail debian 7.5.

Apa itu Squirrelmail?

Squirrelmail adalah salah satu aplikasi web yang sudah terpasang di CPanel untuk keperluan membaca email. Adalah aplikasi webmail yang mendukung protokol IMAP dan SMTP dan menampilkan halaman dalam format HTML tanpa membutuhkan javascript, sehingga bisa dengan mudah diakses menggunakan browser apapun dan sangat ringan.
Dengan tampilannya yang sederhana, SquirrelMail mempunyai semua fungsi-fungsi yang seharusnya ada di aplikasi pembaca email, meliputi penggunaan attachment, buku alamat, folder, kalender, dll.
Jadi jika Anda sedang butuh untuk membuka webmail dan koneksi internet tidak terlalu bagus, Anda bisa memilih Squirrelmail sebagai aplikasi pembaca email Anda.
1. Kalian harus sudah punya domain, jika belom mempunyai domain kalian bisa mencari artikel diblog ini dengan judul "Konfigurasi DNS Server Debian 7.5, jika sudah lanjut dengan masukan perintah "nano db.domain".

2.  Tambahkan seperti dibawah ini, jika sudah tekan ctrl+x lalu y.


3. Restart bind9 nya dengan perintah "/etc/init.d/bind9 restart".


4. Kemudian install Squirrelmailnya dengan perintah seperti dibawah ini, lalu tekan Y untuk melanjutkan installasinya.



5. Masukan perintah seperti dibawah ini :


6. Edit dengan menambahkan "Include /etc/squirrelmail/apache.conf. jika sudah tekan ctrl+x lalu y.


7. Masukan perintah seperti dibawah ini :



8. Edit seperti dibawah ini, servername adalah nama domain kalian.


9. Kemudian masukan perintah seperti dibawah ini :


10. Ikuti konfigurasinya dengan baik












11. Masukan perintah dibawah ini :


12. Kemudian edit main.cf pada postfixnya. tambahkan "home_mailbox = Maildir/
dipaling bawah.


13. Buat user penerima dan user pengirim.



14. Restart semuanya :

/etc/init.d/apache2 restart
/etc/init.d/postfix restart
/etc/init.d/courier-imap restart
/etc/init.d/courier-pop restart



15. Kemudian buka browser dan masukan nama domain mail kalian.




16. Lalu coba kirim pesan dari user pengirim ke user penerima.


17. Terakhir cek di user penerima, apakah pesan sudah terkirim atau belum, jika sudah maka akan seperti dibawah ini:



Oke selesai.begitulah cara untuk konfigurasi Squirrelmail debian 7.5
Semoga Bermanfaat gan,Terima Kasih.

2 comments:

  1. Suatu malam Fitria dan Hardika sedang asyik ngobrol ditelpon,namun obrolan tersebut berakhir dengan tidak menyenangkan karena ada sesuatu yang membuat hati Fitria sakit hati. Sebenarnya Hardika tidak punya maksud untuk melukai hati Fitria namun ternyata Fitria sakit hati dan dia memutuskan untuk tidak menyapa Hardika disekolah maupun menjawab sms-nya.

    Keesokan harinya kekhawatiran Hardika ternyata benar-benar terjadi,Fitria tidak mau menjawab sapaan Hardika bahkan Fitria tidak menoleh sedikit pun kehadapan Hardika saat mereka berpapasan. Hardika merasa bersalah kepada Fitria,dia mencari beberapa cara agar Fitria kembali bersikap baik kepada Hardika. Hardika pun meminta bantuan kepada salah satu temannya untuk mencari informasi tentang sesuatu yang saat ini sedang disukai ole Fitria. Informasi itu pun didapatkan oleh teman Hardika dan ternyata saat itu Fitria sedang menyukai kata-kata gombalan bahkan kata teman-teman Fitria,Fitria itu sering menggunakan kata-kata gombalan itu untuk bercanda bersama teman-temannya.

    ReplyDelete
  2. (Di ambil dari kisah nyata )
    Siang itu matahari nampak terik menyinari bumi,murid-murid berhanburan keluar dari kelas mereka masing-masing. Didepan pintu gerbang terlihat Fitria,Suci dan Bella sedang menunggu mobil angkot,nampak nya mereka sudah jenuh menunggu mobil angkot tersebut yang tak kunjung datang. Akhirnya mereka memutuskan untuk jalan terlebih dahulu sampai mereka menemukan mobil angkot tersebut.

    Itulah yang dilakukan Fitria setiap dia pulang sekolah,meskipun teman-teman Fitria yang lain telah mempunyai sepeda motor tetapi Fitria tidak pernah malu atau bahkan minder. Dia menyadari bahwa dia terlahir dari keluarga yang sederhana. Ayah nya bekerja serabutan,ia hanyalah seorang wiraswasta. Sebenarnya ayah Fitria mempunyai sepeda motor tetapi hanya satu dan Fitria harus mengalah untuk tidak pergi kesekolah menggunakan sepeda motor.

    Menginjak usia ke 17 tahun maka pikiran Fitria pun sudah mulai dewasa,dia sudah pandai memilih mana yang lebih penting. Fitria sudah mulai mengenal lawan jenis dan penampilan Fitria juga mulai terlihat dewasa terlihat dari cara dia berpakaian dari raut wajah nya yang sudah mulai menggunakan bedak dan ingin selalu tampil rapi dan wangi dihadapan semua orang. Tetapi dia tidak pernah menuruti hawa nafsunya yang harus selalu terlihat berlebih-lebihan dihadapan teman-teman nya,bagi nya bersyukur itu lebih baik untuk menjalani hidup ini dari pada harus berpura-pura dalam menjalani hidup ini. Dia tidak pernah memikirkan barang-barang mewah yang dimiliki oleh teman-teman nya,yang dia pikirkan hanya bagaimana agar dia bisa selalu menjadi yang terbaik dan membahagiakan orangtua nya.

    Orangtua Fitria selalu memberikan dorongan dan semangat kepada Fitria,mereka pun tidak setuju apabila konsentrasi belajar Fitria terganggu oleh urusan lain seperti pacaran misalnya. Tetapi Fitria berusaha untuk menuruti apa yang telah mereka nasihatkan dan Fitria pun tidak berani untuk melanggar nya karena apa pun yang telah dinasihatkan kepada Fitria itulah yang terbaik untuk dia dan bagi Fitria membahagiakan orangtua adalah tujuan yang utama yang sangat berharga yang harus dia capai.

    Itulah Fitria gadis berumur 17 tahun yang periang dan selalu bersahabat.

    Seperti biasa sepulang sekolah Fitria menunggu mobil angkot didepan pintu gerbang bersama kedua temannya.

    Fitria : aku haus,beli minum yuk,bell? Ajak Fitria kepada kedua temannya.

    Bella dan Suci : yuk . . . . .

    Mereka membeli minum dikantin sekolah yang tidak jauh dari pintu gerbang,dikantin tampak ada Bu Aira guru SMK Taruna Cipta dan beberapa murid yang sedang asyik ngobrol disana. Selangkah lagi mereka sampai disana terdengar ibu guru menyapa Fitria.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.