Cara Menampilkan Ekstensi File di Windows 7

 



Assalamualaikum, Wr.Wb

Gimana kabarnya semua bro sist, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat ya. Aamiin. Setelah sekian lama vakum dari dunia Blogging karna kesibukan dunia akhirat :D kali ini saya mencoba untuk menulis lagi. Materi pertama kali ini setelah sekalian lama vakum adalah tentang Ekstensi File.

Kalian semua pasti tidak asing dengan kata Ekstensi File? yak, karna dalam kehidupan sehari-hari ini kita selalu berkaitan dengan yang namanya Ekstensi File. Ketika kita memotret gambar maka gambar yang kita hasilkan akan memiliki ekstensi seperti .jpg lalu ketika mengerjakan tugas dari dosen atau guru kita melalui aplikasi microsoft word maka file tugas kita juga memiliki ekstensi .doc atau .dox

Jadi, apasih itu Ekstensi File? dibawah ini ada sedikit penjelasan tentang ekstensi file. Disimak ya..

Ekstensi file (file extensions) adalah sekumpulan karakter yang ditambahkan di posisi akhir nama file. Ekstensi file selalu diawali dengan titik (.) seperti .png, .exe, .jpeg, .txt, .docx dan sebagainya. Ekstensi file digunakan oleh sistem operasi, misalnya Microsoft Windows, untuk membuka atau menjalankan aplikasi yang sesuai. Secara default, Microsoft Windows 7 menyembunyikan ekstensi file dan hanya menampilkan nama file saja. 

Maksud Windows menyembunyikan ekstensi file adalah untuk memproteksi dari pengguna (user) mengubah ekstensi file secara tidak sengaja. Bila ini dikaitkan dengan file sistem, mengubah ekstensi file dapat membingungkan sistem operasi ketika mencoba membuka file dengan aplikasi. Bila file tersebut terkait aplikasi yang sedang berjalan, aplikasi tidak akan dapat merujuk ke file yang tepat.

Sudah dibaca semua penjelasan di atas? oke langsung kita ke cara setting nya bro sist, caranya cukup mudah ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan baik dan benar ya bro sist.

1. Pertama, kalian buka Windows Explorer di laptop atau pc kalian.



2. Lalu kalian klik pada tab Organize>Layout>centang pada Menu bar.


3. Selanjutnya masuk ke tab Tool>Folder options.


4. Kemudian geser ke tab View> hilangkan centang pada hide ekstension for known file types.




5. Ini hasilnya, semua file akan terlihat ekstensi filenya.


6. Nah, sampai sini kita bisa merubah ekstensi file yang ingin kita ubah.


Cukup mudah yah :D 
Ok sampe sini dulu artikel ini, kita akan lanjut ke artikel-artikel yang lain. semoga bisa bermanfaat untuk kalian ya bro sist.

see you

No comments:

Powered by Blogger.